Inilah Cara Daftar NPWP Online Terbaru 2019

Posted on

Inilah Cara Daftar NPWP Online Terbaru 2019 – NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) merupakan nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana administrasi untuk tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Pihak yang disebut sebagai Wajib Pajak (WP) adalah pihak yang menerima penghasilan, bisa itu penghasilan dari bekerja di perusahaan ataupun penghasilan yang didapat dari usaha sendiri.

NPWP saat ini telah ramai di perbincangkan oleh public, hal tersebut dengan beredarnya berita tentang peraturan pemerintah tentang penerapan pajak untuk pembisnis online. Penghasilan yang di dapat dari bisnis online nantinya akan di kenakan wajib pajak. Bukan hanya untuk pembisnis online saja, untuk selebgram, youtuber, nantinya akan di kenakan wajib pajak. Selain itu masih banyak orang yang tidak tau cara daftar NPWP Online.

Inilah Cara Daftar NPWP Online Terbaru 2019

Resiko Apabila tidak memiliki NPWP

Resiko utama apabila kita tidak memiliki NPWP adalah kita di wajibkan membayar potongan Pajak Penghasilan (PPh) lebih besar 20% dari yang sudah memiliki NPWP. Tentu saja hal tersebut akan menambah beban kita suatu saat nanti. Selain itu NPWP juga merupakan salah satu syarat dokumen yang harus di lampirkan ketika kita akan membuka rekening ataupun mengajukan kredit. Hal tersebut tentu saja agan mengganggu proses administrasi saat kita memerlukanya. Oleh karena itu kita perlu memiliki NPWP, dan kali ini admin akan memerikan tutoral Cara Daftar NPWP Online.

Cara Daftar NPWP Online

Sebenarnya cara membuat NPWP tidaklah sesulit yang kita bayangkan, hal itu dikarnekan sekarang kita bisa membuat NPWD dengan cara online. Selain itu untuk kita yang tidak bekerja tetap atau tidak bekerja di suatu perusahan (misalnya bisnis online, selebgram, youtuber, dll), bisa membuat NPWP juga.

Nah jika anda ingin membuat NPW online tapi tidak tau caranya, silahkan simak langkah – langkahnya sebagai berikut.

1. Buatlah akun di situs ereg pajak

Silahkan buka situs https://ereg.pajak.go.id, kemudian klik DAFTAR dan masukan email yang anda miliki. Jangan lupa untuk isi Captcha sesuai huruf pada gambar di sampingnya.

Inilah Cara Daftar NPWP Online Terbaru 2019
Jika sudah mengisi email dan Captcha dengan benar silahkan klik DAFTAR, lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

Inilah Cara Daftar NPWP Online Terbaru 2019

Jika sudah melakukan klik DAFTAR untuk selanjutnya silahkan cek email yang anda gunakan untuk mendaftar NPWP online tadi. Jika tidak ada email masukan silahkan cek di folder SPAM.

Jika sudah ada email masuk dari Direktorat Jenderal Pajak silahkan di buka dan klik Link Verifikasi, seperti gambar di bawah ini.

Inilah Cara Daftar NPWP Online Terbaru 2019

Jika sudah melakukan klik Link Verifikasi maka kamu akan di bawa ke tahap selanjutnya. Di tahap ini anda disuruh mengisi data – data seperti Jenis Wajib Pajak, Nama Lengkap, Password, No Telepon, dan Pertanyaan keamanan. Jika sudah di isi dengan benar silahkan klik DAFTAR lagi dan silahkan cek lagi email anda untuk melakukan aktifasi.

Inilah Cara Daftar NPWP Online Terbaru 2019

Silahkan cek email yang anda gunakan untuk daftar NPWP online tadi, dan buka kembali email baru dari Direktorat Jenderal Pajak. Jika sudah di buka silahkan klik Link Aktivasi

Inilah Cara Daftar NPWP Online Terbaru 2019

Jika sudah sudah klik Link Aktivasi yang ada di email maka akan muncul seperti di gambar di bawah ini.

Inilah Cara Daftar NPWP Online Terbaru 2019

2. Mengisi Data & Mengunggah Dokumen Persyatan untuk Daftar NPWP Online

Jika proses langkah pertama (membuat akun di ereg pajak) sudah berhasil, langkah selanjutnya adalah anda harus mengisi dokumen dan juga mengunggah persyaratan untuk daftar NPWP online. Untuk itu silahkan buka kembali situs https://ereg.pajak.go.id kemudian isi email dan password sesuai saat embuat akun di langkah pertama tadi. Jika sudah berhasil login maka anda akan di bawa ke Dashboard DJB Online. Dan jangan lupa pada bagian kiri Dashboard silahkan klik Pendaftaran NPWP.

Tahap Selanjutnya Mengisi Formulir Registrasi Data WP.

  • Pada halaman kategori wajib pajak, silahkan centang status “Pusat”, jika Anda seorang laki-laki atau perempuan lajang. Sedangkan jika Anda seorang perempuan yang sudah menikah dan ingin mencabangkan NPWP pada suami Anda, maka pilih status “Cabang.”
  • Pada halaman Identitas Wajib Pajak Silahkan isi data sesuai dengan data anda yang sebenarnya.
  • Pada halaman Sumber Penghasilan Utama silahkan pilih sesuai sumber penghasilan anda. Jika anda seorang pembisnis online, youtuber, selebgram atau sejenisnya silahkan pilij Lainnya di bagian paling bawah dan isi keterangan dengan “freelance” atau lainya.
  • Pada halaman Alamat Tempat Tinggal silahkan isi alamat sesuai dengan tempat tinggal anda.
  • Pada halaman Alamat Domisili (KTP) silahkan isi alamat sesuai dengan KTP yang anda gunakan.
  • Pada halaman Alamat Usaha silahkan isi alamat sesuai alamat tempat usaha anda. Jika anda tidak memiliki usaha silahkan centang “Sama dengan alamat tempat tinggal”.
  • Pada halaman Info Tambahan silahkan masukan Jumlah Tanggungan anda, dan Kisaran Penghasilan PerBulan.
  • Pada halaman Persyaratan silahkan centang Unggah jika anda ingin mengunggah foto KTP anda, atau pilih Kirim Manual jika anda ingin mengirimnya secara manual.
  • Pada halaman Pernyataan silahkan baca pernyataanya dan jika setuju silahkan centang Benar dan centang juga Lengkap. Selanjutnya silahkan klik Simpan.

Jika semua data dan dokumen daftar NPWP Online berhasil diunggah, silahkan klik tombol “Token” yang ada pada dashboard. Selanjutnya silahkan cek email yang anda gunakan saat daftar NPWP online tadi, copy-paste token di email tersebut, dan masuk kembali ke menu dashboard. Selahkan klik “Kirim” dengan meng pastekan kode token tersebut pada kolom “Token”. Setelah itu, silahkan klik “Kirim Permohonan”.

3. Cara cek status permohonan Daftar NPWP Online

Untuk mengecek status pendaftaran NPWP Online anda bisa mengecek melalui email yang anda gunakan tadi atau juga bisa melalui halaman history pada Dashboard DJP Online. Apabila status permohonan NPWP di setujui, kartu NPWP anda akan di kirim ke alamat sesuai data saat anda mendaftar tadi dengan menggunakan pengiriman Pos Indonesia.
Dan apabila status permohonan NPWP anda ditolak maka anda harus memperbaiki data – data yang kurang lengkap.

Berapa Lama Daftar NPWP Online Diproses

Lama pendaftaran NPWP Online diproses biasanya memakan waktu kurang lebih 10 hari jam kerja. Tetapi jika dalam waktu tersebut kartu tak kunjung di setujui atau kartu belum di kirim kemungkinan ada data yang belum lengkap atau dianggap tidak sah. Oleh sebab itu saat melakukan pendaftaran silahkan dipastikan data – data dan dokumen sudah betul – betul lengkap.

Itulah turial cara daftar NPWP online, mudah – mudah artikel cara membuat npwp online ini bisa membantu dan bermanfaat untuk anda. Jika ada salah pada artike cara daftar NPWP Online ini silahkan berikan kritikan dan masukan melalui kolom komentar. Terimakasih